IKLAN SPONSOR
Buka
6 Rahasia Kuno Misterius yang akhirnya terpecahkan Post Reply 
Mode View ▽ Thread Tools ▽ Beri Rating ▽
11-10-2018, 01:03 AM
Post: #1
0

Rank:
Point: Rp. 3,086
[video=yahoo]http://6 Rahasia Kuno Misterius yang Akhirnya Terpecahkan

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 18 Jun 2018, 19:00 WIB



Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari misteri dunia yang dulunya tak bisa dipecahkan karena keterbatasan informasi dan peralatan. Namun berkat teknologi yang semakin canggih, sebagian dari misteri tersebut akhirnya terpecahkan.

BACA JUGA

Memukau, Indahnya Pemandangan Bentang Alam Dubai Setelah Badai PasirBikin Gemas, Begini Penampakan Kalau Kucing Ikut LebaranTak Hanya Indonesia, 9 Negara Ini Punya Tradisi Mudik Jelang Lebaran

Dilansir dari Brightside, berikut beberapa rahasia kuno yang akhirnya berhasil diungkap.

1. Mekanisme Antikythera

Mekanisme Antikythera telah dijuluki komputer pertama di dunia karena kerumitan bentuknya. Ini ditemukan di kapal yang tenggelam sekitar 80-50 SM. Kotak kayu itu ditemukan membusuk dengan bagian logam yang berkarat.

Belakangan, para ilmuwan baru tahu apa fungsi sebenarnya. Ternyata Mekanisme Antikythera merupakan perangkat navigasi. Menakjubkan bahwa mesin secanggih itu bisa ada pada saat itu. Padahal mekanisme sejenisnya hanya ditemukan satu milenium kemudian.

2. Lubang Hitam di Florida

Para arkeolog telah mengetahui keberadaan sebuah lubang di Sungai Aucilla, Florida selama bertahun-tahun. Namun, karena sangat gelap, banyak yang menduga lubang tersebut sangat dalam sehingga tak ada yang berani menyelam ke lubang tersebut.

Sampai kemudian Jessi Halligan, seorang profesor dari Florida State University memutuskan untuk melakukan penelitian. Proyeknya membawa hasil yang tak terduga. Ekspedisi menyelamnya berujung pada penemuan gading-gading mastodon yang memiliki alur panjang.

Juga terdapat peralatan manusia yang ditinggalkan di dekatnya. Penemuan ini secara kuat menunjukkan bahwa manusia telah mendiami wilayah Florida lebih awal dari yang diperkirakan semula, yakni sejak 1400 tahun yang lalu.

 

2 of 3

3. Kuburan Paus di Chili



doc: BBC.co.uk

Sebuah kuburan paus besar ditemukan di tengah-tengah Gurun Atacama, Chili. Para ilmuwan tidak dapat memahami apa yang menyebabkan bunuh diri paus secara massal tersebut.

Penelitian lanjutan menemukan bahwa sisa-sisa tulang-belulang hewan itu berasal dari periode waktu yang berbeda. Yang pertama sekitar 20 ribu tahun yang lalu. Kematian raksasa laut itu diduga disebabkan oleh alga beracun.

4. Bagian bawah Patung Kepala Pulau Paskah

Patung Kepala di Pulau Paskah telah lama dikenal memiliki rahasia. Tak ada yang tahu mengapa patung tersebut itu bisa ada di situ. Padahal batunya bukan berasal dari pulau tersebut.

Thor Heyerdahl kemudian mencoba mengungkap rahasia Pulau Paskah dan patung batunya. Ia yang pertama melakukan penggalian di lokasi dan akhirnya mengetahui bahwa patung kepala Moai benar-benar memiliki tubuh.

Beberapa dari patung tersebut bahkan diketahui tingginya mencapai 20 kaki. Namun penemuan terbesar adalah eksperimennya yang membuktikan bahwa patung-patung itu benar-benar dapat dibuat dengan alat-alat yang diyakini populer di kalangan warga pada masanya.

 

3 of 3

5. Peradaban Nazca yang Hilang



Peradaban Nazca yang Hilang

Orang-orang Nazca terkenal karena gambar-gambar raksasa yang dibuat di permukaan gurun Nazca di Peru. Ada teori kalau mereka alien sampai kemudian para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang Nazca pada masa itu menggunakan geolygph untuk berkomunikasi dengan dewa dengan bergerak di sepanjang garis.

Peradaban mereka yang hilang tidak kalah misteriusnya. Para peneliti Universitas Cambridge kemudian membuktikan bahwa mereka musnah setelah kekeringan parah akibat penggundulan hutan.

6. Tentara yang Hilang dari Cambyses II

Pada 524 SM, pasukan Persia Raja Cambyses II bergerak melawan Etiopia. Lebih dari 50 ribu tentara dikerahkan untuk menaklukkan negara tersebut, tapi semua menghilang tanpa jejak.

Baru-baru ini para ilmuwan Angelo dan Alfredo Castiglioni menemukan sisa-sisa tentara legendaris tersebut. Ternyata para tentara tersebut tidak menghilang begitu saja melainkan tewas dalam badai pasir yang amat parah.



[/video]8
Offline
Like Post Quote
« Next Oldest | Next Newest »


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)